Social Icons

Pages

Wednesday, November 27, 2013

Ngiter Surabaya Part 1

Awal bulan Juni tahun 2013 ini, mendadak saya harus ke Surabaya. Ceritanya sih ikut tes beasiswa untuk lanjut kuliah. Alhamdulillah setelah pengumuman malah belum lolos & sampai sekarang terjebak di Samarinda :D

Nah! Di Surabaya, saya sempat mengunjungi beberapa spot yang katanya area wajib didatangin bagi para wisatawan. Eits! Yang jelas bukan mall. Saya tipikal bukan penikmat pusat perbelanjaan modern. Entah kenapa saya lebih milih tempat-tempat yang ada ilmunya untuk dikunjungi ketimbang jajan atau window shopping di mall.
Yah lain cerita kalau saya diajak makan terus dibayarin dan tempat makannya di mall. Wah! Itu saya nggak pakai nolak :D *plakk*

Okeh. Jadi, tempat yang saya kunjungi pertama adalah MONKASEL. Apa itu Monkasel?
Monumen Kapal Selam yang terletak di Jalan Pemuda 39 Surabaya. Denger-denger sih MONKASEL ini monumen kapal selam terbesar di kawasan Asia *baru baca di web nya* *hohoho*
Yah penjelasannya bisa dibaca langsung di web-nya yah, saudara-saudara :)

Berikut beberapa cuplikan kunjungan saya ke Monkasel *tsaaah* *berasa pejabat*


Di depan kapal selam KRI Pasopati 410

Wuiiiiiiiiiiiiiiih!
Panjang banget nggak sih? Iya. Panjang buangettttttt...
Yang bikin saya terkagum-kagum adalah (menurut guide tour) kapal ini dibawa dalam bentuk potongan-potongan dan dirangkai di Surabaya. Dan selama saya masuk ke dalamnya, sifat norak saya keluar. Saya berusaha dengan keras mencari tanda sambungan badan kapal selam tersebut. Jadi, saya berusaha mencari tanda bekas las di badan kapal selam. Agak bodoh? Iyah. Hohoho...

Dan ini beberapa gambar bagian dalamnya:


Karena saya turis, jadi harap maklum^^

Biar kucel bin dekil, teteup poto-poto di pintu penghubung antara gladak (?)

Selalu berdecak kagum begitu ketemu mesin-mesin ini. Eh yang kemeja biru tu bukan mesin :D

Ended up my tour :)
Yah begitulah tur singkat saya di monkasel ini. Sebenarnya, di area monkasel ini tidak hanya kapal selam aja. Tapi ada juga area kolam renang untuk anak-anak, ada juga satu ruangan yang memutarkan film mengenai masa-masa kejayaan KRI Pasopati 410 ini. Dari awal datang, digunakan oleh angkatan laut negara ini, sampai sekarang menjadi monumen yang dapat dikunjungi siapa pun.

Oia! Tadi udah saya sebutkan bahwa untuk tur di dalam kapal selamnya, ada mbak tour guide yang cantik yang siap menjelaskan seluk-beluk KRI Pasopati 410 ini.

Pokoknya yang berniat ke Surabaya, jangan cuma datang ke TP yah. Yang ini boleh banget kok dijenguk :)




No comments:

Post a Comment